Pertemuan 6 PACKAGE DAN JAVA KELAS
PACKAGE DAN JAVA KELAS
1. PACKAGEPackage dalam bahasa pemograman JAVA
Pengertian package adalah sebuah sarana untuk mengelompokan atau mengorganisasikan kelas daninterface yang sama atau sekelompok menjadi satu unit tunggal dalam library. Secara fisik, package dapat berupa folder yang berisi file file/kelas interface/enum lain yang kegunaannya hampir sama sehingga patut untuk dikelompokan. Package mempengaruhi mekanisme hak akses ke kelas didalamnya.
Ada tiga langkah dalam membuat package yaitu:1.Mendeklarasikan dan memberi nama package.
2.Membuat struktur dan nama folder yang sesuai dengan struktur dan nama package.
3.Mengkompilasikan kelas kelas sesuai dengan nama package masing masing.
Mendeklarasikan dan memberi nama package :
Deklarasi package harus diletakan pada bagian paling awal dari suatu source code
2.Membuat struktur dan nama folder yang sesuai dengan struktur dan nama package.
3.Mengkompilasikan kelas kelas sesuai dengan nama package masing masing.
Mendeklarasikan dan memberi nama package :
Deklarasi package harus diletakan pada bagian paling awal dari suatu source code
setiap kelas yang dibungkus package tersebut.
Bentuk umum deklarasi package:
package namaPackage; Deklarasi tersebut akan memberitahukan library kelas/ interface yang manakah yang dirujuk
Bentuk umum deklarasi package:
package namaPackage; Deklarasi tersebut akan memberitahukan library kelas/ interface yang manakah yang dirujuk
dan digunakan.
Syarat nama package:
1. Diawali huruf kecil
2. Menggambarkan kelas kelas yang dibungkusnya.
3. Harus unik
4. Merepresentasikan path dari package tersebut.
5. Harus sama direktorinya.
Membuat Struktur direktori langkah langah dalam pembuatan direktori mengunakan file manager sesuai struktur package Syarat nama package:
1. Diawali huruf kecil
2. Menggambarkan kelas kelas yang dibungkusnya.
3. Harus unik
4. Merepresentasikan path dari package tersebut.
5. Harus sama direktorinya.
dari langkah yang kita buat sebelumnya. kemudian tempatkan kelas
kelas tersebut kedirektori yang bersesuaian. Package dapat bersarang di package lain,sehingga
dapat dibuat hirarki package.
Contoh bentuk umum pernyataan package multilevel:
package namaPackage1[.namaPackage2[.namaPackage3]];
Contoh hirarki package di JDK:
package java.awt.image;
Selanjutanya setiap kelas dalam package tersebut,masing masing dikompilasi menjadi byte code(*.class),
Contoh bentuk umum pernyataan package multilevel:
package namaPackage1[.namaPackage2[.namaPackage3]];
Contoh hirarki package di JDK:
package java.awt.image;
Selanjutanya setiap kelas dalam package tersebut,masing masing dikompilasi menjadi byte code(*.class),
sehingga package tersebut siap digunakan.
Menggunakan packageAda dua cara menggunakan suatu package yaitu:
1. kelas menggunakan suatu package,berada dalam direktori yang sama dengn kelas kelas yang digunakan,
Menggunakan packageAda dua cara menggunakan suatu package yaitu:
1. kelas menggunakan suatu package,berada dalam direktori yang sama dengn kelas kelas yang digunakan,
sehingga tidak diperlukan import.
2. Kelas yang menggunakan suatu package,berada dalam direktori yang berbeda dengan kelas kelas
2. Kelas yang menggunakan suatu package,berada dalam direktori yang berbeda dengan kelas kelas
yang digunakan, sehingga pada awal source code di kelas yang menggunakan harus mencantumkan:
import namaPackage.NamaKelas; atau
import namaPackage.*;
CONTOH PROGRAM
import namaPackage.NamaKelas; atau
import namaPackage.*;
2. Kelas String
Nilai suatu String adalah objek. Objek ini berisi rangkaian huruf yang membentuk string. Objek
tersebut juga berisi subrutin. Misalnya length adalah fungsi yang menghitung panjang suatu
string, atau jumlah karakter dalam suatu string. Misalnya string str yang dideklarasikan sebagai berikut :
String str;
str = "Hari ini cerah sekali!"
Untuk menghitung jumlah karakter dalam string str, panggil fungsi str.length() yang keluarannya
bertipe int. Fungsi ini tidak membutuhkan parameter. Fungsi length merupakan anggota kelas String
dan dapat digunakan oleh semua data yang bertipe String. Dan juga bisa digunakan oleh literal string,
misalnya program berikut menghitung jumlah karakter dalam string "Indonesia Raya" :
System.out.print("Jumlah karakter dalam \"Indonesia Raya\" adalah ");
System.out.print("Indonesia Raya".length());
System.out.println(" karakter");
Kelas String memiliki beberapa fungsi di antaranya :
- s1.equals(s2) adalah fungsi yang mengembalikan nilai boolean (true atau false). Fungsi ini akan menghasilkan true jika s2 sama dengan s1, dan salah jika tidak. Kesamaan yang diuji adalah kesamaan persis baik kapitalnya maupun urutan huruf-hurufnya.
- s1.equalsIgnoreCase(s2) juga menghasilkan nilai boolean yang menguji apakah string s2 sama dengan s1 dengan tidak membandingkan kapitalnya. "Kucing".equalsIgnoreCase("kucing") menghasilkan true.
- s1.length(). Seperti diulas sebelumnya, fungsi ini menghitung jumlah karakter dalam string s1.
- s1.charAt(N). N adalah integer (bilangan bulat). Fungsi ini mengembalikan karakter ke-N dari string s1. Karakter pertama dihitung sebagai posisi ke-0. s1.charAt(0) berarti mengambil karakter pertama, sedangkan s1.charAt(1) berarti mengambil karakter ke-2, dan seterusnya. Karakter terakhir memiliki indeks s1.length() - 1. Fungsi ini akan mengeluarkan pesan kesalahan apabila N bernilai negatif atau lebih besar dari s1.length() - 1.
- s1.substring(N,M), di mana N dan M bilangan bulat. Fungsi ini mengambil potongan string antara karakter ke-N hingga karakter M-1. Catatan bahwa karakter ke-M tidak ikut diambil. Misalnya, "jalan layang".substring(1,4) menghasilkan "ala".
- s1.indexOf(s2) mengembalikan nilai integer. Fungsi ini mencari string s2 di dalam string s1, dan apabila ditemukan mengembalikan posisi awal s2 di dalam s1. Jika tidak ditemukan, fungsi ini akan mengembalikan -1. Fungsi ini bisa juga digunakan untuk mencari string s2 dalam s1 setelah posisi ke-N dalam string s1. Misalnya, "kelapa muda".indexOf("a") menghasilkan 3, sedangkan "kelapa muda".indexOf("a",6) menghasilkan 10.
- s1.compareTo(s2) membandingkan s2 dan s1. Jika s1 dan s2 sama, hasilnya 0. Jika s1 kurang dari s2, hasilnya bilangan negatif , dan jika s1 lebih besar dari s2, hasilnya bilangan positif. "Kurang dari" atau "lebih dari" mengacu pada urutannya dalam abjad jika keduanya huruf kecil atau keduanya huruf besar. Jika kapitalnya berbeda, perbandingannya bergantung pada nilai ASCII-nya.
- s1.toUpperCase() adalah fungsi untuk mengubah seluruh huruf dalam s1 menjadi huruf besar.
- s1.toLowerCase() berfungsi untuk mengubah huruf dalam s1 menjadi hurug kecil.
- s1.trim() adalah berfungsi menghapus karakter yang tak bisa dicetak, misalnya spasi, baris baru, enter, yang ada sebelum atau sesudah suatu kalimat. Misalnya " selamat pagi bu ".trim()menghasilkan "selamat pagi bu".
Untuk s1.toUpperCase(), s1.toLowerCase(), s1.trim() nilai s1 tidak berubah. Fungsi ini
melakukan perhitungan kemudian mengembalikan string baru hasil perhitungan tersebut.
3. Kelas Math
Kelas Math memiliki banyak fungsi statik. Beberapa yang penting di antaranya:
- Math.abs(x), menghitung nilai mutlak (absolut) dari x. Nilai mutlak bilangan negatif adalah bilangan positif, dan bilangan positif tetap bilangan positif.
- Fungsi trigonometri Math.sin(x), Math.cos(x), and Math.tan(x). (Untuk semua fungsi trigonometri, sudut memiliki satuan radian, bukan derajat)
- Fungsi trigonometri inverse, yang mencari sudut dari suatu nilai trigonometric, kebalikan dari fungsi trigonometri, seperti arcus sin, arcus cos, dan arcus tangen. Math.asin(x), Math.acos(x), andMath.atan(x).
- Math.exp(x), menghitung pangkat dari bilangan natural e, atau ex. Dan logaritma natural loge x atau ln x bisa dihitung dengan menggunakan fungsi Math.log(x).
- Math.pow(x,y) menghitung xy atau x pangkat y
- Math.floor(x) menghitung pembulatan ke bawah dari suatu bilangan riil, misalnya 3.84 akan dibulatkan ke bawah menjadi 3.0
- Math.random() memilih bilangan acak di antara 0.0 dan 1.0. Komputer memiliki algoritma perhitungan tertentu yang hasilnya bilangan acak (meskipun bulan bilangan yang betul-betul acak, tetapi cukup untuk kebanyakan fungsi)
Paremeter (nilai di dalam kurung) fungsi-fungsi di atas bisa bertipe numerik apa saja (misalnya double, int, dll),
tetapi keluarannya bertipe double, kecuali abs(x) yang tipe keluarannya sama dengan tipe parameternya.
A. MEMBUAT PROGRAM Manusia.java
//file Manusia harus berada dalam folder makhlukhidup
package makhlukhidup;
public class Manusia {
public String nama = "";
public Manusia (String nama) {
this.nama = nama;
}
}
B. MEMBUAT PROGRAM Tumbuhan.java
//file Tumbuhan harus berada dalam folder makhlukhidup
package makhlukhidup;
public class Tumbuhan {
public String nama = "";
public Tumbuhan (String nama) {
this.nama = nama;
}
}
C. MEMBUAT PROGRAM Burung.java
//file Burung harus berada dalam makhlukhidup/hewan
package makhlukhidup.hewan;
public class Burung {
public static final boolean bisaTerbang = true;
public String nama ="";
public Burung (String nama) {
this.nama = nama;
System.out.println("Nama Burung : "+nama);
}
}
D. MEMBUAT PROGRAM MainMakhlukHidup.java
Hasil :
//file MainMakhlukHidup harus berada dalam folder meet7
public class MainMakhlukHidup {
public static void main(String [] args) {
makhlukhidup.Manusia m = new makhlukhidup.Manusia
("Sayuti");
System.out.println("nama : "+m.nama);
makhlukhidup.Tumbuhan t = new
makhlukhidup.Tumbuhan("Palem");
System.out.println("nama : "+t.nama);
System.out.println("Semua burung pasti bisa terbang?"+makhlukhidup.hewan.Burung.bisaTerbang);
makhlukhidup.hewan.Burung b = new
makhlukhidup.hewan.Burung("Beo");
}
}
MEMBUAT PROGRAM MainMakhlukHidupPakeImport.java
//file MainMakhlukHidup harus berada dalam folder meet7
public class MainMakhlukHidupPakeImport {
public static void main(String [] args) {
makhlukhidup.Manusia m = new makhlukhidup.Manusia
("Sayuti");
System.out.println("nama : "+m.nama);
makhlukhidup.Tumbuhan t = new
makhlukhidup.Tumbuhan("Palem");
System.out.println("nama : "+t.nama);
System.out.println("Semua burung pasti bisa terbang?"+makhlukhidup.hewan.Burung.bisaTerbang);
makhlukhidup.hewan.Burung b = new
makhlukhidup.hewan.Burung("Beo");
}
}
Hasil :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar