pertemuan ke 4 java
A.
Abstract Class
Abstract Class adalah suatu kelas yang dinyatakan abstract, umumnya memiliki suatu atau lebih abstract method. Abstract method adalah nama method yang memiliki implementasi dan menggunakan modifier abstract. Abstract class biasanya dijadikan parent/ super class dari kelas-kelas yang dapat membuat objek, abstract class tidak dapat diintansiasi. Defenisi kelas diletakkan dalam masing-masing kelas turunan. Dalam hal ini setiap kelas turunan harus mendefenisikan metode-metode yang tergolong sebagai metode abstract.
B. Interface
Interface adalah suatu kelas yang berisi method-method tanpa implementasi, namun tanpa modifier abstract, apabla suatu interface memiliki atribut, maka atributnya akan berlaku sebagai konstanta. Interface menyerupai kelas. Perbedaanya, kata kunci interface menggantikan kedudukan kata kunci class. Bentuk deklrasinya adalah sebagai berikut:
Abstract Class adalah suatu kelas yang dinyatakan abstract, umumnya memiliki suatu atau lebih abstract method. Abstract method adalah nama method yang memiliki implementasi dan menggunakan modifier abstract. Abstract class biasanya dijadikan parent/ super class dari kelas-kelas yang dapat membuat objek, abstract class tidak dapat diintansiasi. Defenisi kelas diletakkan dalam masing-masing kelas turunan. Dalam hal ini setiap kelas turunan harus mendefenisikan metode-metode yang tergolong sebagai metode abstract.
B. Interface
Interface adalah suatu kelas yang berisi method-method tanpa implementasi, namun tanpa modifier abstract, apabla suatu interface memiliki atribut, maka atributnya akan berlaku sebagai konstanta. Interface menyerupai kelas. Perbedaanya, kata kunci interface menggantikan kedudukan kata kunci class. Bentuk deklrasinya adalah sebagai berikut:
Penentu akses public biasa
digunakan dengan tujuan agar interface dapat diakses oleh kelas manapun. Jika
tak ada penentu akses public, interface hanya dapat diakses oleh kelas-kelas
yang berada dalam paket yang sama.
c. Inner Class
Inner Class adalah
kelas yang disisipkan di dlam kelas yang lain. fungsi kelas sisipan ini adalah
mendukung suatu proses yang akan dijalankan oleh suatu kelas utamanya. Inner
class bersifat terserang terhadap kelas-kelas utamnya
Contoh Program
Seperti biasa buka textpad anda dan ketikkan Scrip code
berikut
//Membuat Program MakhlukHidup.java//
public abstract class MakhlukHidup {
protected
boolean BisaTerbang = false;
protected
String Nama;
protected
int JlhKaki;
public
MakhlukHidup (String Nama1, int JlhKaki1, boolean BisaTerbang1){
this.Nama
= Nama1;
this.JlhKaki
= JlhKaki1;
this.BisaTerbang
= BisaTerbang1;
}
abstract
void bernafas();
public
void status(){
System.out.println
("Nama : " +Nama);
System.out.println
("Jumlah Kaki : " +JlhKaki);
System.out.println
("Bisa Terbang : " +BisaTerbang);
}
}
OUTPUTNYA :

Setelah selesai simpan dengan nama MakhlukHidup.java, setelah
itu buka document baru dan ketikkan script code dibawah ini
//Membuat Program Manusia.java//
public class Manusia extends MakhlukHidup {
Manusia
(String nama){
super
(nama, 2, false);
}
public
void bernafas(){
System.out.println
(Nama +" bernafas dengan menghirup O2");
}
public
static void main (String [] args){
Manusia
m = new Manusia ("Steve");
m.status();
m.bernafas();
}
}
Setelah selesai simpan dengan nama Manusia.java, setelah
disimpan coba jalankan program Manusia.java dengan menekan tombol
CTRL + 2 maka hasilnya akan seperti dibawah ini.
OUTPUTNYA :
Buat document baru lagi dan ketikkan script code dibawah
ini.
//Membuat Program Tumbuhan.java//
public class Tumbuhan extends MakhlukHidup {
Tumbuhan
(String nama){
super
(nama, 0, false);
}
public
void bernafas(){
System.out.println
(Nama + " bernafas dengan menghirup CO2 ");
}
public
static void main (String [] args){
Tumbuhan
t = new Tumbuhan ("Bayam");
t.status();
t.bernafas();
}
}
Setelah selesai simpan dengan nama Tumbuhan.java, setelah
disimpan coba jalankan program Tumbuhan.java dengan menekan tombol
CTRL + 2 maka hasilnya akan seperti dibawah ini.
OUTPUTNYA :
Buat document baru lagi dan ketikkan script code dibawah
ini
.
//Membuat Program Pekerjaan.java//
interface Pekerjaan {
public
void namaPekerjaan();
public
void gaji();
}
OUTPUTNYA :

Setelah selesai simpan dengan nama Pekerjaan.java, setelah
itu buka document baru dan ketikkan script code dibawah ini
//Membuat Program Sasya.java//
public class Sasya extends Manusia implements Pekerjaan {
public
Sasya(){
super("Sasya");
}
public
void namaPekerjaan(){
System.out.println("Pekerjaan
: Sekretaris");
}
public
void gaji(){
System.out.println("Gaji
: Rp.3.000.000");
}
public
static void main (String [] args){
Sasya
s = new Sasya();
s.status();
s.bernafas();
s.namaPekerjaan();
s.gaji();
}
}
Setelah selesai simpan dengan nama Sasya.java, setelah
disimpan coba jalankan program
Sasya.java dengan menekan tombol CTRL + 2 maka hasilnya
akan seperti dibawah ini.
OUTPUTNYA :
Buat document baru lagi dan ketikkan script code dibawah
ini.
//Membuat Program JantungManusia.java//
class Orang {
private
int jumlKaki = 2;
public
void dengarBunyiJantung(){
Jantung
j = new Jantung ();
j.bunyiJantung();
}
public
void tahanNafas(){
System.out.println
("Jantung Berhenti Berdetak");
}
//inner
class
class
Jantung{
public
void bunyiJantung(){
System.out.println
("deg...deg...deg");
}
public
void istirahat(){
System.out.println
("Silangkan ke "+jumlKaki+" kaki.");
}
}
}
class JantungManusia {
public
static void main (String [] args){
Orang
o = new Orang();
Orang.Jantung
p = o.new Jantung();
o.dengarBunyiJantung();
p.istirahat();
}
}
Setelah selesai simpan dengan nama JantungManusia.java, setelah
disimpan coba jalankan program
JantungManusia.java dengan menekan tombol CTRL + 2 maka
hasilnya akan seperti dibawah ini.
OUTPUTNYA :
demikian lah penjabarann program java pada pertemuan ke 5 studi kulia saya, semoga dapat berguna bagi pengunjug blog saya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar