CLASS,METHOD,CONSTRUCTOR,MODIFIER,DAN OBJECT
Pada pemrograman,berorientasi objek terdapat 2 istilah yang
sangat terkenal yaitu kelas dan objek.
Objek : Benda atau hasil produksi dari catakan tersebut.
Perbedaan Kelas dan Objek dapat dijelaskan dengan pernyataan di bawah ini
A.CLASS
Contoh deklarasi kelas pada Java :
[modifier1]class Namakelas[modifier2]{
Class body;
}
B.METHOD
Method digunakan untuk memodularisasi program melalui
pemisahan satu tugas menjadi satu unit tersendiri.
Contoh deklrasi kelas Java:
[modifier1]tipeNilaikembalian namaMethod(parameter input) {
Method body;
}
C.CONSTRUCTOR
Construktor Merupakan method yang namanya sama dengan nama
kelas dimana method itu berada.Construktor digunakan untuk menginisialisasikan
nilai awal ( memberikan nilai default) pada atribut-atribut yang dimiliki oleh
suatu objek saat objek itu pertama kali di buat.
D.MODIFIER
Modifier adalah sifat yang dimiliki oleh setiap
atribut,method maupun kelas dalam Java.Modifier akses adalah modifier yang
selalu digunakan,modifier akses terdiri dari private,default,protected dan
public.
E.OBJECT
Sebuah kelas dapat digunakan untuk membuat banyak
objek,setiap objek dapat diperlakukan secara berbeda oleh objek-objek lain yang
menggunakan nya.Dibutuhkan operator new untuk membuat objekdari suatu kelas.
Objek dibuat dengan cara menuliskan :
1.NamaKelas NamaObjek=new Namaconstruktor();
2.NamaObjek=New NamaConstruktor();
Langkah-Langkah Praktikum.
1. Praktikum
a. Ketikan script berikut pada TextPad.
2. Penjelasan
a. Pada Disket.java tidak ada modifier.
b. Memiliki 5 atribut, yaitu : panjang, lebar, warna, bentuk dan data.
c. Final int disebut constanta.
d. Method selalu diakhiri dengan "( )".
e. Pada Disket.java tidak mempunyai fungsi utama, jika tidak ada ffunhsi utama, mak
compile error.
f. Jika tidak menginginkan error harus memiliki fungsi utama.
3. Hasil
B. Membuat Program MainDisket.java.
1. Praktikum
1. Ketikan script berikut pada TextPad.
a. Ketikan script berikut pada TextPad.
2. Penjelasan
a. Pada Disket.java tidak ada modifier.
b. Memiliki 5 atribut, yaitu : panjang, lebar, warna, bentuk dan data.
c. Final int disebut constanta.
d. Method selalu diakhiri dengan "( )".
e. Pada Disket.java tidak mempunyai fungsi utama, jika tidak ada ffunhsi utama, mak
compile error.
f. Jika tidak menginginkan error harus memiliki fungsi utama.
3. Hasil
B. Membuat Program MainDisket.java.
1. Praktikum
1. Ketikan script berikut pada TextPad.
2. Penjelasan
a. Pada MainDisket.java tidak ada modofier.
b. Memiliki fungsi utama.
c. MainDisket ini untuk memanggil Dikset
d. Disket disk1
Guna : untuk membuat objek.
Objek : disk1.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar